Jumlah Pengunjung Blog Ini Adalah Free Web Counter

Minggu, 13 Mei 2012

Supaya Iklan Kita Di Klik orang

Mungkin kamu salah satu publisher yg masih penasaran kenapa iklan di situs/blog kamu belum juga menghasilkan padahal sudah tampil dengan cermat dan jelas. Sama seperti saya beberapa waktu yang lalu, tapi kemudian saya menyadari beberapa hal yang patut diperhatikan sebagai seorang publisher. Yaitu :
Buat yang belum mendapat persetujuan/approve dari Google Adsense atau
afiliasi marketing lainnya, mungkin bisa memulai dengan membuat Blog berbahasa Inggris di blogspot - Update isi blog dengan rutin setidaknya selama 1 - 2 Bulan, baru kirim proposal ke Adsense.
Langkah ini kemungkinan berhasil 90% dengan catatan situs/blog kamu tidak berisi dengan konten yang illegal (hacker, porno, download crack) dan sejenisnya, serta situs juga harus sering diperbarui secara berkala. Blogspot/blogger adalah solusi gratis dan cepat, daripada harus membeli domain atau keluar uang untuk hosting. Setelah blog-nya ramai, solusi membeli domain bisa dipertimbangkan, dan Blogspot menyediakan fasilitas untuk itu.
2. Sebaiknya situs kamu harus ber-bahasa Inggris, karena kalau berbahasa Indonesia atau campuran biasanya akan jarang keluar iklan yang berproyeksi menghasilkan atau hanya muncul iklan layanan masyarakat (sebenarnya bisa diakalin, tapi jelas melanggar TOS - Terms of servises) kecuali situs kamu sudah bertahun-tahun (lebih dari 1 - 2 tahun) baru keluar iklan berbahasa Indonesia. Untuk situs/blog berbahasa campuran kadang-kadang bisa Indonesia dan juga bisa Inggris dan kadang-kadang bisa keluar “Iklan Layanan Masyarakat”.
3Jangan sekali-kali berusaha mencurangi Adsense karena cepat atau lambat, pasti ketahuan. Membaca TOS secara rutin, karena mungkin setiap 3 - 6 bulan sekali akan ada perubahan baru yang makin hari makin rumit saja. Sebagian besar publisher Adsense pasti pernah melakukan kecurangan baik disengaja maupun tidak, yang ketahuan paling sering berbuat curang pasti akan di-banned, kalau yang jarang paling diberi peringatan terlebih dahulu. Macam kartu kuning atau kartu merah di sepak bola saja.
4. Buat yang ingin meningkatkan trafik situs/blog-nya secara gratis bisa memakai cara:
* Daftar di semua situs search engine terutama Google, Yahoo dan MSN
* Tukeran link / banner dengen sesama pemilik situs/blogger
* Kirim e-mail ke yang kenal-kenal saja (jangan spam) atau cantumkan signature di e-mail anda
* Pakai signature situs kamu ketika melakukan posting di forumMailing list kadang-kadang bisa membantu (jangan spam juga ya)
* Perbarui situs dan buat semenarik dan se-informatif mungkin supaya menarik minat dan perhatian pengunjung untuk yang masuk
* Lakukan cara apapun asal jangan spam & tidak melanggar TOS Adsense
5. Cara lain yaitu membayar dengan memasang banner di situs lain (istilah dari Adwords). Jangan sekali-kali ikut layanan berbayar dari situs yang menjanjikan trafik ribuan pengunjung karena sifatnya hanya sementara dan dilarang oleh Adsense.
6. Jangan melakukan tindakan spam dimanapun untuk mempromosikan situs/blog karena spammer itu dibenci olehh semua kalangan dunia maya kecuali spammer itu sendiri, dan mereka biasanya mempunyai reputasi situs yang jelek walau trafik meningkat sebentar tapi untuk jangka panjang akan berdampak tidak baik, dan situs tersebut akan di “blacklist”. Jangan jadi orang yang menyebalkan karena para pengguna internet Indonesia sudah dinilai dengan reputasi buruk di internet sebagai tukang cracker, pembajak hak cipta, nipu bangsa sendiri dan yg terakhir mulai hobi spam.
7. Kamu juga bisa ikut dengan afiliasi lain seperti clickbank, amazon atau yang lainnya utk nambah penghasilan situs kamu. Posisi penempatan iklan yang tepat, tampilan situs dan berita yang sering di-update juga bisa menjadikan keuntungan tersendiri buat publisher.
8. Sebaiknya situs kamu mempunyai akhiran .com atau .net (jangan domain gratis seperti .cc, atau yang berakhiran.info, dll) walau pada mulanya Blogspot dari Google cukup membantu. Hal ini dikarenakan di dunia web sangat banyak saingan dan memakai situs yang bukan berakhiran .com atau .net jarang masuk ranking top ten kecuali kamu bisa menemukan kata-kata yang unik untuk itu, atau situs kamu sangat informatif dengan menyajikan berita yang bermanfaat bagi banyak orang. Kalaupun demikian butuh waktu lama untuk bisa di posisi atas kecuali kamu mengiklankan situs kamu.
9. Sebaiknya kamu harus punya hobi untuk menulis artikel, karena kalau tidak, situs kamu hanya berisi informasi yang diambil dari situs orang lain alias copy-paste, dan rating situs akan lamban naiknya. Kalaupun kamu mengambil dari situs orang lain dan lalu di-edit dan di-perbaiki, cantumkan sumber aslinya, karena ini adalah kode etik jurnalis.
Belajarlah berbagi dan saling menghargai sesama penghuni dunia maya, kalau kamu termasuk orang yang suka membajak, yah mohon dikurangi dan perlahan dihilangkan kebiasaan buruk itu.
10. Hal terakhir yang paling penting adalah “JANGAN PERNAH MENYERAH !!”, karena semua orang dan saya juga memulai dari nol. Segala sesuatu selalu ada permulaannya. Belajar, belajar dan belajar adalah kunci utama kalau mau sukses di bidang ini, dan saya juga masih melakukannya hingga hari ini. tapi jangan lupa dipraktekkan, jangan cuma belajar melulu.

1 komentar:

Silahkan komentarnya